SELAMAT BERKUNJUNG DIBLOK INI

Loading...
Monday, December 30, 2013

DASAR PEMROGRAMAN C++



DASAR TEORI
Sebuah program adalah serangkaian intruksi yang dapat dieksekusi oleh komputer. Setiap program ditulis dengan bahasa pemrograman. C++ adalah salah satu bahasa pemgrograman yang sangat cocok bagi pemula karena C++ adalah bahasa pemgrograman yang simple (tidak komplek) sehingga mudah untuk dipelajari, walaupun simple C++ mempunyai banyak fitur dan sudah mendukung object oriented programmaing (OOP).
Untuk menulis dan menjalankan program C++ diperlukan text editor dan C++ Compiler . Compiler akan menerjemahkan program menjadi bahasa mesin (binary code) yang dapat dieksekusi oleh komputer. Dalam praktikum ini akan digunakan Borland C++ yang sudah dilengapi dengan compiler C++.
Contoh 1.1 Program “Hello World”  
#inlcude <iostream.h>
int main(){
   cout<<"Hello World";
   return 0;
}

Berikut penjelasan kode program di atas :
#inlcude <iostream.h>, #include merupakan preprocessor directive yang berfungsi untuk menginclude/memasukkan file library yang ada di dalam tanda <.....> yaitu iostream. Iostream adalah library C++ yang berisi deklarasi standar input dan output.

#int main( ), merupakan fungsi main dari program, tempat dimulainya eksekusi program. Setiap program C++ harus mempunyai satu  fungsi main. Kata kunci int merupakan tipe data di dalam C++, kepanjangan dari integer, disini berperan sebagai tipe return dari fungsi main. Scope /daerah fungsi main dimulai dari tanda { dan diakhiri dengan tanda }.
Cout<<”Hello World”; Cout merupakan standard output stream pada C++, yang akan mencetak tulisan "Hello World". Cout dideklarasikan dalam header file iostream, sehingga untuk menggunakan cout dalam program harus meng-include library iostream. Baris ini merupakan statemen yang harus diakhiri dengan tanda ;.

return 0; dalam hal ini merupakan optional didalam fungsi main, tetapi beberapa compiler mewajibkan untuk menulis return 0 diakhir fungsi main. Pembahasan mengenai return akan dijelaskan pada bab fungsi.

VARIABEL DAN DEKLARASI
Variabel adalah simbol yang menyatakan lokasi penyimpanan di memori komputer. Informasi yang disimpan di dalam lokasi tersebut disebut value/nilai. Sintak untuk mendeklarasikan variabel:
Tipe_data nama_variabel;
Misalnya :
int a;
Untuk memberi nilai diguanakan operator assigment (=), misalnya
a=10;

PRAKTIKUM
1.       Program Hello World
#include <iostream.h>
int main(){
   cout<<"Hello World ";
   cout<<"Sedang Belajar C++"<<endl;
   cout<<"Sekarang tanggal "<<1<<" Januari "<<2014;
}

2.       Penggunaan Variabel bertipe integer
#include <iostream.h>
int main(){
     //mendeklarasikan variabel
   int a;
   a=10;
   cout<<"a = "<<a<<endl;
   //mendeklarasikan sekaligus inisialisasi
   int b=20;
   cout<<"b = "<<b;
}


3.       Menggunakan operator input
#include <iostream.h>
int main(){
     int a,b,c;
   cout<<"a = ";
   cin>>a;
   cout<<"b = ";
   cin>>b;
   c=a+b;
   cout<<"c = "<<c;
}

 
TOP

TERIMA KASIH BERKUNJUNG DIBLOK INI