SELAMAT BERKUNJUNG DIBLOK INI

Loading...
Tuesday, January 7, 2014

PEDOMAN : TUGAS POLITEKNIK PPKP YOGYAKARTA



Dalam rangka memberikan keseragaman teknis tugas-tugas akademik dan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan sebagai bentuk tanggung jawab Dosen dalam memberikan tugas dan penilaian tugas maka dipandang perlu untuk membuat Pedoman Tugas yang berguna bagi semua Dosen yang mengajar dan memberikan Tugas di Politeknik PPKP YOGYAKARTA.

Tugas yang dipandang perlu diberikan keseragaman dan kompensasinya hanya Tugas yang telah dilakukan Penilaian oleh Dosen yang bersangkutan. Untuk memberikan gambaran Tugas yang dimaksud, agar setiap Dosen memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1.      Bentuk Tugas
Bentuk Tugas yang diberikan oleh Dosen adalah dalam Bentuk Makalah setelah dilakukan Penilaian oleh Dosen yang bersangkutan.

2.      Teknis Pembuatan Makalah
a)      Satu makalah dapat dibuat oleh setiap mahasiswa dan atau sebanyak-banyaknya oleh 3 (tiga) orang mahasiswa
b)      Satu makalah yang dapat diterima dan diperhitungkan kompensasinya adalah makalah yang berisi minimal 10 halaman dan sebanyak-banyaknya 30 halaman (Khusus Bagian Isi), di luar Bagian Awal dan Bagian Akhir seperti cover, daftar isi, kata pengantar dan pustaka, lampiran (jika ada).
c)      Teknis penyusunan Makalah dijelaskan pada halaman selanjutnya.

3.      Kompensasi Penilaian Tugas
a)      Kompensasi Penilaian Tugas adalah untuk 2 (dua) kali Tugas dalam bentuk Makalah.
b)      Kompensasi Penilaian Tugas yang diberikan oleh Lembaga adalah untuk 1 (satu) kali sampai dengan pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) dan 1 (satu) kali sampai dengan pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS).
c)      Besaran kompensasi diperhitungkan berdasarkan jumlah mahasiswa yang aktif dan turut serta menyusun makalah sebagaimana tercantum dalam Cover Makalah yang bersangkutan.

4.      Alat Kontrol Tugas Makalah
Alat kontrol tugas makalah yang diberikan oleh Dosen dijadikan bahan pertimbangan bagi Akademik dalam memberikan kompensasi kepada Dosen yang bersangkutan. Alat kontrol tersebut adalah ;
a)      Adanya Bukti Form Tugas yang telah diisi lengkap dengan daftar nama mahasiswa dan tanda tangan serta nilai tugas yang diberikan oleh Dosen.
b)      Form Tugas dibuat standar oleh Lembaga yang dibagikan kepada masing-masing Dosen.
c)      Form Tugas juga tersedia di Bagian Akademik.

5.      Tugas dan Tanggung Jawab Dosen
a)      Memeriksa isi Makalah
b)      Memberikan Penilaian bobot nilai Makalah ke dalam kolom nilai yang telah ditentukan dalam teknis penulisan makalah.
c)      Penilaian Bobot Nilai Makalah berupa Angka mulai 0 s.d 100.
d)     Memiliki Dokumen Nilai Tugas yang telah diberikan untuk dimasukkan ke dalam Lembar Penilaian Akhir yang diberikan pada saat Ujian Akhir Semester (UAS).
e)      Membagikan kembali Tugas yang telah diberikan Nilai secara langsung kepada mahasiswanya sebagai bentuk tanggung jawab akademik bahwa Tugas Makalah tersebut benar-benar telah diperiksa dan dinilai secara benar.
f)       Tugas Makalah yang telah diberikan Nilai juga dapat dijadikan salah satu referensi soal ujian pada saat UTS atau UAS.

6.      Teknis Penyusunan Makalah
Semua Tugas yang dikumpulkan agar diketik komputer. Menggunakan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran 12 untuk isi dan ukuran 14 untuk Judul Makalah dengan jarah 1 ½ spasi. Dijilid soft cover/jilid plastik sesuai dengan warna jurusan.
Adapun sistematika penyusunan Makalah adalah sebagai berikut ;

a)      Bagian Awal
1)      Lembar Judul Makalah/Cover Luar (warna disesuaikan dengan jurusan Kuning AKE, Biru Muda MIF, Biru Tua TIK, Putih ARM, Hijau MPRS.
2)      Cover Dalam
3)      Lembar Penilaian Tugas
4)      Kata Pengantar
5)      Daftar Isi

b)     Bagian Isi
Pada prinsipnya dalam Bagian Isi harus memiliki sistematika pembahasan makalah secara terstruktur dan disesuaikan dengan substansi pokok bahasan yang diberikan oleh masing-masing Dosen sesuai dengan karakterisktik dan cakupan bahasan masing-masing mata kuliah. Namun sebagai acuan saja, Bagian Isi dapat terdiri dari ;

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Pendahuluan
B.     Pokok Pembahasan

BAB II
KAJIAN TEORITIS
(Dalam Bab II ini Dosen sebaiknya mengarahkan mahasiswa untuk mengemukakan hal-hal apa saja yang terkait dengan Judul Makalah yang diambil berupa teori-teori dari sumber buku ilmiah yang jelas/biasanya berupa buku cetak yang diterbitkan oleh suatu Penerbit. Dapat pula dari media cetakl lain seperti koran, majalah, dan media elektronik (internet) dengan cara mencantumkan web site yang dimaksud secara lengkap.  Tidak boleh bersumber dari makalah orang lain, modul kuliah oleh Dosen, catatan kuliah mahasiswa, laporan/tugas akhir orang lain). Sebagai contoh Sub Bab II (disesuaikan dengan Judul Makalah) dapat berisi ;
A.    Pengertian Sistem
B.     Ruang Lingkup dan Karakteristik Sistem
C.     Pengertian Manajemen
D.    Fungsi-Fungsi Manajemen
E.     Unsur-Unsur/Sumber Daya Manajemen

BAB III
PEMBAHASAN
(Dalam Bab III ini dapat berisi PEMBAHASAN atau sebaiknya LANGSUNG MENCANTUMKAN JUDUL MAKALAH), sebagai bambaran diberikan contoh sebagai berikut ;
A.    Hubungan Antara Kepemimpinan dan Manajemen
B.     Sistem Penataan Arsip di .....
C.     Perancangan Sistem Informasi ....... dengan Menggunakan Sofware .........
D.    Teknik Pembuatan ............... di ...........
E.     Prosedur Pengelolaan Rekam Medis Rawat Jalan Yang Baik
F.      Dan lain-lain
  
(Tidak diperlukan Kesimpulan dan Saran)

c)      Bagian Akhir terdiri dari ;
Daftar Pustaka
Lampiran (jika ada)

7.      Form Penilaian Tugas
Standar Form Penilaian Tugas yang dikumpulkan ke Bagian Akademik paling lambat pada saat penyerahan Nilai UTS dan Nilai UA.


 
TOP

TERIMA KASIH BERKUNJUNG DIBLOK INI