SELAMAT BERKUNJUNG DIBLOK INI

Loading...
Tuesday, March 3, 2015

Pondok Pesantren Al Luqmaniah Yogyakarta Punya Target


Disini saya akan berbagi sedikit tentang salah satu pondok pesantrenditengah-tengah Kota Yogyakarta lebih tepat lagi di Gg. Cemani,  jl. Babaran – Kalangan – Umbulharjo - Yogyakarta . Pondok Pesantren ini termasuk pondok salaf yang menginduk pada pondok pesantren Tegal Rejo Magelang, Pendiri Pondok  Pesantren  Adalah K.H Najib Salimi Maba’ul ulum  Putra dari Mbah Salimi (Sebutan akrabnya) dari Melangi, K.H Najib Salimi Maba’ul ulum  Mempunyai Istri yaitu Ibu Nyai. Siti Hamnah Putri dari KH. Khudori Abdul Aziz dari Ngrukem – Bantul, K.H Najib Salimi Maba’ul ulum  memiliki putra 3 yaitu Satu putri dan Dua Putra, yang putri sering di panggil ning i’ta, ning adalah panggilan buat keturunan Kyai yang perempuan, dan yang putra pertama bernama gus Fallah, dan Gus Masduk, sedangkan Gus adalah panggilan buat keturunan kyai yang laki-laki, itu sejarah singkat tentang  pendiri PondokPesantren Al Luqmaniah.

            Heeheee :D disetiap pondok pesantren pasti memiliki target sendiri – sendiri, kalau Pondok Pesantren Al Luqmaniah yang saya ketahui memiliki target  “Mahasiswa/i  Berjiwa Santri” Yang no 1 adalah pondok pesantrem bukan kuliahnya itu semboyanya he,, :D karena disini ada peraturan apabila santri yang keluar sebelum lulusan dari alfiah 2 (Alfiah 2 adalah kelas yang tertinggi) walau pun masih ada kelas lagi yaitu tahtim dan sebelum mendapatkan ijazah maka dia tidak di anggap alumni Pondok Pesantren Al Luqmaniah, itu yang melatar belakangi ada kata-kata  “Mahasiswa/i  Berjiwa Santri”karena kebanyakan dari santri putra – putri adalah seorang mahasiswa/i.
            Hehee :D kelihatannya kayak sekolah formal aja ya ada ijazah juga ??  pasti pada bertanya gimana si cara dapet ijazah nya ?? langsung saja saya sedikit jelasin sebulum saya jelasin cara mendapat ijazahnya, yang saya ketahui di alfiah 2 ini kelas yang istemawa, karena apa ??  karena disini ada KKN atau sering di bilanh langsung terjun di masyarakat, dan KKN biasanya di lakasanakan pada Bulan Puasa Ramadhan kalau dikelas lain tidak ada seperti kelas I’dadi,Jurmiah,Amrity dan alfiah satu. Dimana kelas Alfiah 2 adalah kelas penentuan kerja santri Pondok Pesantren Al Luqmaniah dalam beberapa tahun sebelumnya.
            Heehee :D nah itu gambaran kelas Alfiah 2, jadi cara mendapat ijazah adalah biasa seperti sekolahan  formal yaitu dengan  Imtihan (Ujian)  setelah imtihan nanti ada muhafadoh (Membaca Hafalan dan di tonton semua komponen pesantren) sesuai kelas masing-masing dan Munaqosah (Ujian Secara langsung) yang mana Munaqosah ini sangat menentukan dari kelulusan para santri kelas Alfiah 2  yang menguji adalah Gus dan Ustad-ustad Pondok Pesantren Al Luqmaniah dan  munqosah ini hanya kelas Alfiah 2 saja.
Heheee.... :D  nah itu penjelasan Tentang Pondok Pesantren Al Luqmaniah Punya target semoga bermanfaat... ini hanya informasi dan apabila banyak penulisan atau kata yang kurang sopan admint minta maaf.. **.


 
TOP

TERIMA KASIH BERKUNJUNG DIBLOK INI